“Komitmen Seumur Hidup Tidak Membuang Sampah Sembarangan”, Aksi nyata Kejati NTT dalam kepedulian terhadap lingkungan di Prov. NTT  Dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 dan Hari Ulang Tahun XXIV  Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini Tahun 2024

“Komitmen Seumur Hidup Tidak Membuang Sampah Sembarangan”, Aksi nyata Kejati NTT dalam kepedulian terhadap lingkungan di Prov. NTT Dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 dan Hari Ulang Tahun XXIV Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini Tahun 2024

Pada hari Sabtu tanggal 20 bulan Juli tahun 2024 sekitar pukul 06.30 Wita bertempat di Area Car Free Day (CFD) Jalan El Tari Kupang, Kajati NTT Zet Tadung Allo, SH. MH. bersama-sama Forkopinda Propinsi NTT Pj. Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC, Wakapolda NTT Brigjen. Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., Kabinda Propinsi NTT, Danlanud Eltari Kupang, Danlantamal VII Kupang, Wakajati NTT N. Rahmat R., SH. MH., Forkopindan Kota Kupang Pj. Walikota Kupang Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang Hotma Tambunan, S.H., M.Hum., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang Muhammad Ilham SH,. MH, seluruh Pejabat Utama Kejaksaan Tinggi NTT, seluruh pegawai Kejati NTT, Kejari Kota Kupang dan Kejari Kab. Kupang serta Ketua dan anggota IAD Wilayah NTT, IAD daerah Kota Kupang, dan IAD Daerah Kab. Kupang serta ratusan siswa/siswi SD, SMP, SMA/SMK di Kota Kupang melaksanakan Kegiatan Sosial Peduli Lingkungan dalam rangka Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 dan Hari Ulang Tahun XXIV Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini Tahun 2024.

Kegiatan yang merupakan rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 dan Hari Ulang Tahun XXIV Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini Tahun 2024 ini dilaksanakan sebagai bentuk nyata kepedulian Kajati NTT beserta jajaran yang memandang perlunya meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan di lingkungan dan berharap agar insan Adhyakasa menjadi pelopor dengan menggugah memulai dari diri sendiri dan dari hal yg paling kecil. Kegiatan peduli lingkungan merupakan salah satu program prioritas pemerintah terkait lingkungan hidup dan penyelamatan bumi dan umat manusia.

Dalam kesempatan tersebut, Kajati NTT juga mengajak / menghimbau untuk berkomitmen atau berjanji seumur hidup sonde (tidak) akan membuang sampah. Kita lihat ini kalau semua berkomitmen ketika ada sampah seperti sedotan, bekas makanan minuman agar tidak dibuang disembarang tempat tetapi dikantongi atau dibuang di tempat sampah. Terlihat disepanjang jalan Eltari ini dari depan Kantor Gubernur Provinsi NTT termasuk rumah jabatan Kajati, Mapolda NTT dan sekitarnya tidak satupun saya melihat tong sampah. Ini hal yg perlu diperhatikan pemerintah agar kedepan masyarakat terbangun sumber daya yang sehat, pembangunan bersih sehingga keindahan alam NTT ini bisa kita jaga.

Kami Korps Adhyaksa menyampaikan “Mari Kita Peduli Lingkungan, Sonde Buang Sampah Sembarang”.

Tak hanya melakukan aksi social peduli lingkungan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan tempat sampah kepada perwakilan Dinas Pendidikan, perwakilan siswa dan perwakilan media serta dilanjutkan dengan penandatanganan “Komitmen Seumur Hidup Tidak Membuang Sampah Sembarangan” yang dilakukan Kajati NTT Zet Tadung Allo, SH. MH. yang kemudian diikuti oleh Forkopinda Propinsi NTT Pj. Gubernur NTT Ayodhia G. L. Kalake, SH, MDC, Wakapolda NTT Brigjen. Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., Kabinda Propinsi NTT, Danlanud Eltari Kupang, Danlantamal VII Kupang, Wakajati NTT N. Rahmat R., SH. MH., Forkopindan Kota Kupang Pj. Walikota Kupang Fahrensy Priestley Funay, S.E., M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang Hotma Tambunan, S.H., M.Hum., Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang Muhammad Ilham SH,. MH, seluruh Pejabat Utama Kejaksaan Tinggi NTT, seluruh pegawai Kejati NTT, Kejari Kota Kupang dan Kejari Kab. Kupang serta Ketua dan anggota IAD Wilayah NTT, IAD daerah Kota Kupang, dan IAD Daerah Kab. Kupang serta ratusan siswa/siswi SD, SMP, SMA/SMK di Kota Kupang yang mengikuti aksi ini.

Pelaksanaan aksi serupa di Kota Kupang, turut dilaksanakan di seluruh satuan kerja di wilayah hukum Kejati NTT sebagai agenda wajib dalam rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa Ke-64 yang pada tahun ini mengusung tema “Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern menuju Indonesia Emas” dan juga dalam rangka Hari Ulang Tahun XXIV Ikatan Adhyaksa Dharma Kartini Tahun 2024.

Bagikan tautan ini

Mendengarkan

Berita Nasional


Berita Lainnya