Senin, 24 April 2017

20-04-2017
Kejari Pasaman Gelar Kegiatan "Jaksa Masuk Sekolah"

Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasaman, Sumatera Barat menggelar kegiatan sosialisasi ke beberapa sekolah yang ada di daerah itu untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan hukum.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasaman, Adhryansah di Lubuk Sikaping, Kamis  (20/4), mengatakan kegiatan yang bertajuk "Jaksa Masuk Sekolah" ini telah mengunjungi lima sekolah yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping.

"Materi yang diberikan yakni tentang hukum pidana seperti pidana narkoba, korupsi, pencurian, masalah kenakalan remaja, ketertiban umum dan lainnya. Selain itu juga diberikan pendidikan tentang dampak dari pelanggaran hukum tersebut," ujarnya.

Menurutnya, tim  Kejaksaan Negeri (Kejari)  Pasaman yang turun langsung ke lapangan yakni Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) , kepala Seksi Intelijen, kepala Seksi Pidana Umum dan jaksa fungsional.

"Kita menargetkan pada 2017, seluruh sekolah yang ada di Kecamatan Lubuk Sikaping telah terjangkau mulai dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama sederajat dan Sekolah Menengah Atas sederajat," katanya.

Sementara itu, Kasi Intelijen Kejaksaan Negeri  Pasaman Ikhsan menjelaskan tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada remaja sejak dini agar mereka tidak melakukan pelanggaran hukum ketika sudah dewasa nanti.

"Kegiatan tersebut digelar pada saat pelaksanaan upacara dan dalam kultum setelah ibadah shalat Zuhur. Jadi tidak akan mengganggu kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah itu. Selain itu juga diadakan diskusi dan tanya jawab dengan pelajar untuk pendalaman materi," ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kesadaran hukum pada generasi muda dan menjauhi seluruh pelanggaran hukum yang membuat mereka terjerat hukum.

"Jika generasi muda kita telah sadar dan taat hukum maka akan tercipta generasi muda yang hebat yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan ke depannya," katanya.

Ia juga mengapresiasi pihak sekolah dan Dinas Pendidikan setempat dalam mendukung kegiatan "Jaksa Masuk Sekolah" ini. (Yus).


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id