Selasa, 17 Oktober 2017

14-02-2017
Kajati Sumut lantik dua Asisten dan tiga Kajari di jajaran Kejati Sumut

Senin, 13 Februari 2017, sekitar jam 08.00 Wib, bertempat di Lt.3 Aula Sasana Cipta Kertha Kejati Sumut Jl. Abdul Haris Nasution No. 1C Medan, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Dr. Bambang Sugeng Rukmono, MM, MH melantik dua Asisten dan tiga Kajari di jajaran Kejati Sumut. Pergantian jabatan dua Asisten dan tiga Kajari ini didasari atas Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : KEP-IV-052/C/01/2017 tanggal 20 Januari 2017.

Adapun dua Asisten yang dilantik, yakni : Asisten Intelijen Kejatisu Idianto, SH, MH menggantikan Nanang Sigit Yulianto, SH, MH yang dimutasi sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara pada Kejaksaan Agung RI di Jakarta dan Asisten Bidang Tindak Pidana Umum Kejati Sumut Drs. Muhammad Naim, SH menggantikan Zulbakar, SH, MH yang dimutasi sebagai Kabag TU pada Sekretaris Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung RI di Jakarta.

Sedangkan tiga Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) yang dilantik yakni, Kajari Padangsidimpuan Firmansyah, SH, MH menggantikan Nadda Lubis, SH, MH  yang dimutasi sebagai Kajari Probolinggo dan Kajari Belawan Yusnani, SH menggantikan Muhammad Syarifuddin, SH, MH yang dimutasi sebagai Asisten Pembinaan Kejati NTB  serta  Kajari Serdang Bedagai Jabal Nur, SH, MH  menggantikan Erwin Panjaitan, SH yang dimutasi sebagai Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara di Kejati Gorontalo.

Dalam acara yang dihadiri oleh para Asisten dan Kabag TU, para Koordinator, para Kajari, para Kasi di Kejati Sumut, Ketua dan pengurus IAD Kejati Sumut tersebut, Kajati Sumut dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan promosi dan mutasi adalah bagian dari pergerakan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karier pegawai, sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja. Oleh karena itu kegiatan ini agar dimaknai dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Ditegaskan Kajatisu, bahwa parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, loyalitas, moralitas, pendidikan dan pelatihan serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggungjawab kepada negara.

“Mutasi dan promosi ini sebagai jawaban atas kebutuhan organisasi yang dirahakan untuk memperbaiki dan mereform tatanan birokasi Kejaksaan sehinga menghasilkan pelayanan publik yang prima dalam rangka menjalankan tugas penegakan hukum agar kemudian terbangun kepercayaan publik terhadap institusi Adhyaksa yang kita cintai ini” jelas Kajati Sumut.

Selanjutnya Kajatisu berpesan kepada para Asisten dan Kajari yang baru, agar para Asisten dan Kajari yang baru dilantik untuk segera melakukan adaptasi di wilayah kerja masing-masing dan segera menyusun serta menerapkan kebijakan manajerial dan operasional penegakan hukum sesuai dengan karekteristik wilayah tugasnya.

“Saudara-saudara harus melakukan pengawasan melekat dan pengawasan fungsional terhadap jajaran saudara, sehingga setiap pelaksanaan tugas dan wewenang dapat berjalan sesuai dengan koridor hukum yang berlaku dan berpedoman pada kebijakan pimpinan yang telah ditetapkan, sehingga pada gilirannya diharapkan dapat meningkatkan citra dan wibawa Kejaksaan di mata masyarakat” pesan Kajatisu kepada para Asisten dan Kajari yang baru.

Lebih lanjut Kajati Sumut menegaskan, agar para pimpinan yang baru segera melanjutkan prioritas penyelesaian penyelesaian penanganan perkara dalam setiap unit kerja dan diharapkan para pimpinan memberikan pengarahan kepada personil masing-masing terkait penanganan perkara dan demikaian juga kepada Aspidum dikarenakan dalam waktu dekat ini akan berlangsung proses Pilkada dibeberapa wilayah maka agar segera dikoordinasikan dan konsolidasikan untuk menyiapkan jaksa-jaksa yang memahami dan mempunyai kemampuan dalam penegakan tindak pidana pemilu yang dalam penangananya membutuhkan kecepatan dan ketepatan serta koordinasi yang tinggi antar instansi untuk terwujudnya pemilihan umum yang jujur dan adil.

Selanjutnya Kajati Sumut mengucapkan selamat kepada Asisten dan Kajari yang baru dilantik serta mengucapkan selamat bekerja ditempat tugas yang baru dan mengharapkan agar bekerja nantinya harus berperan aktif tanpa menonjolkan arogansi kekuasaan ataupun dengan menggunakan besarnya kewenangan yang saudara miliki terapkan pola saling asih, asah dan asuh dengan tetap mengedepankan disiplin dan ketegasan.

Kajati Sumut juga mengucapkan selamat kepada keluarga Asisten dan Kajari yang baru dilantik serta tidak lupa kepada para Asisten dan Kajari yang lama, Kajati Sumut menyampaikan bahwa atas nama Korps dan pribadi mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan kerja yang selama ini telah diberikan. (Bsr)


Kontak

PUSAT PENERANGAN HUKUM

KEJAKSAAN AGUNG R.I

Jl. Sultan Hasanuddin No.1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - Indonesia

Telpon  : +62 21 722 1269

E-mail  : humas.puspenkum@kejaksaan.go.id