Home | Link Situs | Map | Kotak Saran
Selamat datang di website Pusdiklat Kejaksaan RI
Komunitas Kampus
Pedoman Siswa PPPJ Tahun 2009

PENDAHULUAN

Bahwa sehubungan dengan adanya pembaruan sistem diklat dan dalam rangka peningkatan kualitas peserta diklat. Untuk Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Tahun 2009 akan dilaksanakan dalam 2 (dua) kegiatan, yakni :

  • 2 (dua) bulan pertama, diklat akan dilaksanakan di tempat tugas masing-masing (sistem pembelajaran jarak jauh) disebut dengan Diklat Pembentukan Jaksa Pendahuluan;
  • 4 (empat) bulan selanjutnya diklat akan dilaksanakan di Pusdiklat Kejaksaan Rd disebut dengan Diklat Pembentukan Jaksa Lanjutan.

Bahwa salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan secara maksimal adalah terciptanya sistem belajar yang tertib, baik dan dinamis. Dan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang maksimal maka disusunlah “Buku Panduan Peserta Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Pendahuluan Tahun 2009”. Yang berisi tentang ketentuan pelaksanaan diklat.

Pembentukan Jaksa Pendahuluan antara lain : Ketentuan tentang hak dan kewajiban peserta, metode pembelajaran, jadwal, sistem komunikasi peserta dengan penyelenggara, penugasan, pemantauan dan evaluasi. Panduan ini harus dipatuhi selama proses belajar mengajar berlangsung selama 2 bulan ditempat tugas peserta masing-masing.

 


MAKSUD

Yang dijadikan tema dalam Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Tahun 2009 adalah “Mendidik dan membentuk Jaksa yang beretika, profesional, berkepribadian, dan mandiri”. Sesuai dengan tema diatas, maka sistem pembelajaran , disiplin dan tata tertib diarahkan untuk mencapai 3 hal utama yaitu :

1.       Membentuk etika;

2.       Membangun profesionalisme, kepribadian yang tanggap, tangguh, teruji dan;

3.       Membangun semangat mandiri.

Oleh karena itu dalam mencapai tujuan tema dimaksud, maka buku panduan ini digunakan sebagal acuan :

1.       Bagi peserta pendidikan dan pelatihan Pembentukan Jaksa Tahun 2009 selama berlangsungnya proses pembelajaran yang dilakukan dengan sistem Non KIasikal yaitu pembelajaran Jarak Jauh.

2.       Bagi penyelenggara dalam hal ini Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI mengetahui sampai sejauh mana proses belajar mengajar berlangsung.

3.       Bagi pembimbing / pembina dalam hal ini Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri dapat membimbing peserta secara langsung.

Tujuan Buku Panduan ini bertujuan agar pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Pendahuluan dapat berjalan dengan baik, lancar dan tertib, sesuai apa yang diinginkan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI.

 


KEWAJIBAN PESERTA

Selama menjalankan Diklat Pendahuluan, peserta wajib melaksanakan tugas pembelajaran sebagal berikut:

1.       Mempelajari serta memahami materi pembelajaran yang diberikan melalui modul;

2.       Membuat jurnal harian tentang kegiatan pembelajaran yang meliputi seluruh materi  Diklat Pendahuluan. Pembuatan jurnal dilakukan dengan cara tulisan tangan, tidak diperkenankan menggunakan komputer. (Jurnal dijilid dan sewaktu masuk mengikuti Diklat lanjutan jurnal wajib diserahkan kepada petugas Diklat). Jurnal bulan pertama per- 31 Maret 2009 dan Jurnal bulan kedua per- 23 April 2009

3.       Membuat laporan dalam bentuk jurnal. Jurnal wajib diserahkan kepada penyelenggara Diklat sewaktu akan mengikuti Diklat Lanjutan. Bentuk jurnal terlampir).

4.       Peserta yang tidak membuat dan menyerahkan jurnal tidak dapat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Pembentukan Jaksa Lanjutan tahun 2009.

 

JADWAL PEMBELAJARAN

1.       Jadwal pembelajaran dapat dilihat dalam lampiran 1.

2.       Jadwal pembelajaran ini menjadi acuan bagi peserta Diklat Pendahuluan, dalam hal mata pelajaran apa yang harus dipelajari maupun dalam hal pembuatan jurnal harian dan pengumpulan tugas.

 


SISTEM KOMUNIKASI

Guna kelancaran Proses pembelajaran jarak jauh ini peserta dapat melakukan komunikasi kepada penyelenggara di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI melalui:

1.       Telepon nomor : 021-781E3577

2.       E-Mail : infoPPPJ 2OO9_pusdiklat@yahoo.com, InfoPPPJ2O09_kejaksaan@yahoo.com

3.       Untuk komunikasi juga dapat menghubungi :

a.       I MADE SUDAMA, SH, Kabid DTP, No. HP. 081354157800;

b.       SHINTA SASANTI, SH, Kabid DIKLU No. HP. 08161135409

c.       NEVA SARI SUSANTI, SH, Mhufll. Kasubbid Persiapan dan Kerja Sama
DIKLU, No. HP. 08161154570

d.       MULYADI, SH, Kasubbid Penilaiar’ DTF No. HP. 08129910673

e.       H. LIYAS, SH, Kasubbid Pengajaran DTF No. HP. 0812 9291159

f.         IMAM SOFWAN, SH, MH, Kasubbid AkademiS DTF No. HP. 08158248317

g.       YUDHA TANGGUH ALASTA, SH, Kasubbid Penilaian dan Evaluasi DIKLU No. HP. 08129823894

Peserta diharapkan memberikan data-data pribadi yang lengkap dan jelas, seperti nama lengkap, gelar, alamat tempat tinggal yang dapat segera dihubungi, no. telepon : kantor, rumah, telepon genggam, email kepada bidang Diklat Teknis Fungsional (DTF) Pusdiklat Kejaksaan RI.

 


PENUGASAN

Peserta wajib memenuhi penugasan yang ditentukan oleh Pusdiklat yaitu membuat:

1.       Jurnal Harian

2.       Jurnal Bulanan  

Jadwal pengumpulan jurnal harian dan bulanan lihat lampiran 1.

 

 
EVALUASI

Evaluasi akan dilakukan pada akhir diklat pendahuluan berupa tes tertulis untuk kajian dasar / teori dan tes lisan untuk kajian Administrasi Kejaksaan yang akan dilaksanakan oleh tim Evaluasi dan Pusdiklat.

 

 
User ID :
  Password :
  Enter Number :
 
Forgot Password
Kejaksaan Agung RI
Kepolisian RI
Mahkamah Konstitusi
Legalitas.org
RI.go.id
  Link Situs    
spasi
spasi

You need to upgrade your Flash Player to at
least version 8 to view this video content.

Click here to download the latest version of Flash Player.

Program Penyelenggaraan Diklat PPPJ 2010 oleh RM Soeripto S.H
Lihat video lainnya >>
Apa pendapat anda tentang informasi yang ditampilkan dalam website Pusdiklat Kejaksaan?
Baik
Cukup
Kurang
Lihat hasil polling >>
90105