home > berita

08-11-2013
Mantan Sekda Magetan Divonis Bebas JPU banding

Mantan Sekda Kabupaten Magetan, Abdul Azis divonis bebas, dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Surabaya, terkait kasus dugaan korupsi Kawasan Industri Rokok (KIR).

Vonis yang diberikan majelis hakim ini berbeda dibandingkan tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang sebelumnya.

"Tuntutan kita kemarin adalah tiga tahun enam bulan dan denda Rp 50 juta. Dan ini malah oleh majelis hakim dia divonis bebas tanpa syarat," ujar Kasi Intel Kejari Magetan, Anton Hardiman, Jumat (8/11/2013).

Terkait vonis yang dijatuhkan, pihak JPU akan mengajukan banding."Kita akan banding karena kita juga punya aturan minimal 2/3 dari tun tutan untuk bisa menerima," jelas Anton.

Sebagaimana diketahui mantan sekda ini, dinilai telah merugikan negara sebesar Rp 800 juta rupiah. Kerugian tersebut timbul dari pembelian tanah yang ternyata merupakan tanah kas desa, namun disulap sebagai tanah milik pribadi oleh para perangkat pemerintahan yang telah lebih dulu dijadikan tersangka oleh Polres Magetan.[sm]


ISI SITUS BERSIFAT INFORMATIF BUKAN MERUPAKAN LEGAL OPINION DARI KEJAKSAAN R.I. APABILA TERDAPAT DATA ELEKTRONIK BASED YANG BERBEDA DENGAN DATA RESMI PAPER, MAKA YANG MENJADI ACUAN ADALAH DATA RESMI PAPER BASED.